Landasan pacu Bandara Sumarorong 1500 meter

Jumat, 24 Februari 2012



MAMASA - (MCN) Landasan pacu Bandara Sumarorong di Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, akan diperpanjang menjadi 1.500 meter pada 2013.

Bupati Mamasa Ramlan Badawi, di Mamuju, Rabu, mengatakan, panjang landasan pacu bandara itu akan ditambah sekitar 700 meter.

Namun, kata dia, karena panjang landasan pacu Bandara Sumarorong yang akan dijadikan salah satu bandara perintis di Sulbar tersebut masih dianggap belum memadai untuk menunjang sarana tranportasi udara, maka perlu diperpanjang.

"Sehingga, pada 2013 panjang landasan pacu Bandara Sumarorong ditambah menjadi 1.500 meter, agar lebih layak didarati pesawat berbadan besar," katanya.

Untuk itu, menurut bupati, perlu dana sekitar Rp150 miliar untuk mewujudkan penambahan panjang landasan pacu Bandara Sumarorong. "Diperlukan dukungan dana dari APBN untuk mewujudkannya," katanya.

Menurut dia, landasan pacu Bandara Sumarorong sepanjang 700 meter yang dibangun pada 2012 telah mendapatkan alokasi anggaran dari pemerintah pusat sekitar Rp150 miliar.

"Sebelumnya, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Bandara Sumarorong sekitar Rp14 miliar pada 2012, namun kemudian ditingkatkan menjadi Rp150 miliar," katanya.

Menurut bupati, Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh yang terus berjuang agar anggaran pembangunan Bandara Sumarorong Mamasa ditingkatkan, sehingga bandara perintis ini dapat cepat selesai pembangunannya.

"Pemerintah berharap Mamasa yang berada di kawasan pegunungan Sulbar, sekitar 300 kilometer dari Kota Mamuju, ibu kota provinsi ini, akan semakin mudah dijangkau dengan selesainya pembangunan bandara tersebut, sehingga Mamasa yang selama ini terisolir, semakin mudah dikelola kekayaan alamnya, sekaligus mendorong investasi untuk pembangunan ekonomi daerah," katanya.

Sumber : Seputarsulawesi

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Sumarorong Post All Rights Reserved.
Sumarorong Post is a member of MCN Group | Published by Sumarorong Post | Support by Mamasa Cyber News 2011.